Minggu, Juni 27

Posted by Roemie | File under :
Seorang yang sangat zuhud bernama Syeikh Abdul Wahid bin Zaid berkisah sebagai berikut :
Seorang tetangga kami, bekerja sebagai pegawai negeri dan sangat jahat ketika hidupnya di dunia, dan melakukan maksiat dan suka menakut-nakuti orang.
Pada suatu malam, saya melihat di dalam tidur bahwa tangan tetangga saya tersebut memegang tangan Rosululloh SAW.
Saya bertanya kpd Rosululloh SAW : “ Wahai Rosululloh, sesungguhnya orang ini sangat terkenal sebagai penjahat di muka Bumi, bagaimana ceritanya engkau sangat menaruh tanganmu memegang tangannya ? “
Rosululloh SAW bersabda : “ Saya mengetahui apa yang engkau katakan tersebut. Oleh karena itu, saya datang utk memberikan Syafa'atku kepadanya. “
Kemudian saya bertanya kepada Rosululloh SAW : “ Wahai Rosul, apakah kelebihan tetangga kami itu, sehingga engkau memberikan syafa'atmu ? “
Rosululloh SAW menjawab : “ Tetanggamu itu banyak membaca SHOLAWAT kepadaku. Pada tiap malam ketika dia hendak tidur, dia selalu membaca sholawat 1000 kali ( seribu kali ), sehingga aku mohon kepada Alloh SWT mudah-mudahan syafa'atku ini diterima di sisi-Nya, agar tetanggamu ini bertaubat kepada-Nya. “
Berkata Syeikh Abdul Wahid ( shohibul hikayat ) : “ di pagi hari saya mengajar di Masjid sebagaimana biasanya, tiba-tiba datang tetangganya itu, disaat saya sedang menceritakan apa yang saya lihat di dalam tidur ( mimpi ), dia masuk dan mengucapkan salam sambil menangis, lalu dia berkata : “ Wahai Syeikh Abdul wahid, izinkanlah aku menjabat tanganmu, karena Rosululloh SAW mengutusku kepadamu, agar aku bertaubat di hadapanmu, dan disaksikan oleh murid-muridmu di Masjid ini. “
Syekh Abdul Wahid telah berjabat tangan dg tetangganya yang telah menyesali segala perbuatannya selama hidupnya tersebut. Ia berjanji tdk akan mengulanginya kembali perbuatan jahatnya tersebut. “ Subhanalloh……
Setelah itu, Syeikh Abdul Wahid bertanya kepada tetangganya tsb : “ Apakah yang menyebabkan engkau bertaubat, wahai saudaraku…? “ tetangganya menjawab : “ Rosululloh SAW telah datang kepadaku didalam tidurku, dan beliau menceritakan kepadaku tentang Tanya jawab antara engkau dg beliau, kemudian Rosululloh memegang tanganku dan bersabda: “ Aku datang kepadamu untuk memberikan syafa'at Alloh atas segala dosamu, adalah semata-mata karena engkau banyak membaca Sholawat atasku. “
“ Setelah itu beliau bertitah kepadaku, agar di pagi hari aku datang kepadamu Wahai Syaikh….untuk mengumumkan kepada khalayak ramai bahwa aku telah bertaubat yang sebenar-benarnya…..”
Demikianlah keberkahan membaca Sholawat atas Rosululloh SAW, ternyata tdk sia-sia bagi setiap lisan yg selalu dibasahi dengan sholawat. Kisah di atas sebagai bukti nyata Syafaat Rosululloh SAW, bahwa pembacaan sholawat dapat mengugurkan dosa-dosa yg pernah terlanjur dikerjakan oleh seseorang. Sebagaimana diterangkan dlm Hadits :
“ Diriwayatkan dari Abdu Bakar As Shiddiq : beliau berkata, bahwa sholawat kpd Nabi SAW lebih cepat menghapus dosa dari pada air dingin memadamkan api dan lebih utama dari pada memerdekakan hamba sahaya “ ( dari Kitab Bustanul Wa Idzin )

0 komentar:

Posting Komentar